Tips Pintar Merawat Sepatu Bayi Agar Awet Dipakai

Sepatu bayi mempunyai peran penting dalam kehidupan si kecil. Selain untuk melindungi kaki bayi, sepatu untuk si kecil juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan kaki. Untuk memastikan fungsi dari sepatu tersebut optimal, maka perhatikan juga bagaimana cara merawat sepatu agar awet dipakai.

Sepatu bayi berguna melindungi si Kecil dari benda-benda yang melukai kakinya

Pada dasarnya merawat sepatu si kecil agar awet tidaklah sulit. Pasalnya, karakter sepatu si kecil berbeda dengan sepatu orang dewasa. Sepatu orang dewasa membutuhkan perawatan yang lebih kompleks karena digunakan untuk menyokong aktivitas berat di luar rumah. Sementara itu, dengan segala aktivitas si kecil yang ringan maka perawatan sepatu bisa lebih mudah.

Berikut ini tips pintar merawat sepatu si kecil agar awet digunakan dalam jangka waktu lama.

Jangan terlalu sering mencuci sepatu si kecil

Hal pertama yang perlu kamu pahami untuk merawat sepatu si kecil adalah jangan terlalu sering mencuci. Ini bisa mengakibatkan sepatu cepat rusak. Terlalu sering merendam dengan air, menyikat dengan deterjen atau membasahi sepatu si kecil akan mengikis permukaan sepatu. Sol sepatu juga bisa lebih mudah robek. Jadi kamu cukup mengelap dengan lap yang dibasahi sedikit lalu menjemur di bawah atap.

Simpan di rak sepatu khusus atau di kotak sepatu

Sepatu bayi yang kamu letakkan di luar lemari biasanya akan mudah berdebu. Untuk menjaga kebersihan simpanlah sepatu di lemari atau kotak sepatu. Pastikan rak atau kotak sepatu kering dan tidak lembab supaya menghindari sepatu menjadi bau.

Tidak menjemur di bawah sinar matahari langsung

Apabila sepatu si kecil basah pastikan menjemur di bawah atap. Sebisa mungkin hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung. Selain bisa membuat warna sepatu menjadi luntur atau memudar, menjemur di bawah matahari langsung bisa membuat sepatu si kecil melar. 

Bersihkan dengan lap atau sikat lembut setelah dipakai

Jika di sepatu terdapat noda tanah, maka kamu bisa membersihkannya menggunakan lap atau sikat lembut yang dibasahi dengan sedikit air. Gosok perlahan pada bagian yang terkena noda. Hindari untuk merendam di dalam air karena ini bisa merusak bahan sepatu. Setelah digosok, lap dengan tisu kering lalu jemur sebentar di bawah atap. Kemudian simpan di tempat yang kering dan rapat.

Hindari memasangkan sepatu saat kaki si kecil basah

Setelah cuci kaki atau selesai mandi pastikan telapak kaki anak sudah kering. Jadi saat memasangkan sepatu, kondisi kaki si kecil tidak basah. Hal ini untuk menghindari kondisi lembab yang bisa menimbulkan jamur pada sepatu. Maka dari itu, pastikan kamu mengelap kaki anak ya, sebelum memberikan sepatu.

Belilah ukuran sepatu yang lebih besar sedikit

Pertumbuhan si kecil memang cukup pesat, apalagi jika nutrisi yang diberikan seimbang dan cukup. Perkembangan yang pesat ini bisa menimbulkan efek pertambahan berat badan. Hal ini berimbas pada ukuran baju dan sepatu yang bertambah. Tips tepat untuk membeli sepatu bayi adalah beli dengan ukuran yang lebih besar sedikit. Hindari membelikan sepatu dengan ukuran yang pas atau lebih kecil karena ini bisa menyakiti kaki anak. Jika sepatu masih terasa lebih longgar, pasangkan kaus kaki.

Jadi dengan memahami tips merawat sepatu si kecil bisa menjaga kondisi alas kaki tersebut agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu, memahami hal-hal di atas bisa menjadi metode sederhana agar lebih berhemat dalam mengatur pengeluaran. Semoga informasi yang sudah dipaparkan tersebut berguna ya. Selamat mempraktikkan tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *