Salep Hitam untuk Benjolan dan Cara Alami Meredakannya

Bisul bisa terjadi pada siapa saja. Benjolan berisi nanah yang umumnya tumbuh di antara folikel rambut dan kulit ini biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri maupun jamur. Cara mengatasinya, Anda dapat menggunakan salep hitam dengan berbagai merek. Salah satunya Ichtyol Salep. Salep hitam untuk benjolan bisul umumnya dijual bebas dengan harga yang murah. 

Namun, cara menanggulangi bisul tentu tidak sekadar salep hitam. Masih banyak cara yang lebih alami untuk mempercepat proses pemulihan kulit Anda dari benjolan yang menimbulkan rasa gatal dan nyeri ini. 

Sebelum Anda ke dokter karena keluhan benjolan bernanah ini. Sebelum Anda membeli salep hitam untuk benjolan bisul. Sebaiknya, Anda mencoba dahulu beberapa cara alami untuk meredakan masalah infeksi kulit tersebut, seperti di bawah ini. 

Lakukan Kompresan Panas 

Panas membantu meningkatkan sirkulasi di suatu area, tidak terkecuali ketika panas tersebut diberikan lewat kompresan di kulit. Memberikan kompresan panas di kulit juga membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi yang menyebabkan bisul. Tidak perlu ragu untuk pengobatan rumahan untuk bisul yang satu ini. Bisa dikatakan, ini merupakan metode penanganan terbaik yang bisa Anda coba. Anda hanya perlu melakukan kompres panas ke area kulit yang mengalami bisul selama 20 menit. Lakukan pengompresan tersebut 3—4 kali dalam sehari sampai bisul Anda hilang. 

Kompres Larutan Garam Kasar 

Garam kasar kerap dijadikan bahan campuran rendaman air hangat sebagai obat relaksasi. Namun kenyataan, manfaat garam kasar untuk kulit juga sangat luar biasa. Contohnya untuk Anda yang mengalami bisul, pengompresan kulit menggunakan larutan garam kasar dapat membantu mengeringkan nanah dan membuat bisul mengering lebih cepat. Yang perlu Anda lakukan hanya melarutkan garam kasar ke air hangat, kemudian kompres ke area bisul selama 20 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai bisul Anda benar-benar lenyap. 

Manfaatkan Kunyit 

Salep hitam untuk benjolan bisul memang terkenal efektif. Namun, kunyit pun tidak kalah berguna untuk mengatasi masalah bisul Anda. Pasalnya, kunyit memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang bisa membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat. Penggunaan kunyit untuk mengatasi bisul pun tidak harus selalu dengan mengoleskan pasta kunyit ke area sekitar bisul. Anda juga dapat mengonsumsi bubuk kunyit atau mencampurkannya sebagai bumbu makanan untuk merasakan manfaat dari rempah-rempah yang satu ini. 

Oleskan Aromaterapi Tea Tree 

Minyak esensial dari tea tree memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul. Hanya saja, jangan sekali-sekali mengoleskan aromaterapi tea tree ke kulit karena dapat menimbulkan efek terbakar. Sebagai gantinya, campurkan lima tetes minyak aromaterapi tea tree dengan satu sendok teh minyak kelapa atau zaitun. Letakkan minyak pohon teh encer pada kapas dan oleskan pada bisul 2—3 kali dalam sehari. Lakukan ini setiap hari sampai bisul benar-benar pergi.

Menjajal Khasiat Minyak Jarak 

Minyak jarak telah digunakan sejak zaman kuno untuk menyembuhkan luka dan melembabkan kulit. Minyak jarak juga disebut-sebut mengandung asam risinoleat. Ini merupakan jenis asam lemak yang dapat membantu memecah bakteri yang terperangkap, tidak terkecuali pada kulit Anda, yang menyebabkan munculnya bisul.

Tutupi dengan Kasa 

Untuk membantu bisul sembuh lebih cepat, Anda harus berusaha menutupinya. Menutupi bisul secara steril akan meminimalkan risiko infeksi yang lebih besar atau kerentanan bisul tersebut menyebar ke bagian kulit Anda yang lain. Biasakanlah menutupi bisul dengan kasa tiap kali Anda sehabis mencuci bisul. Anda dapat menggunakan kasa maupun perban steril untuk menutup benjolan berupa bisul tersebut. 

Jadi sekarang, Anda punya alternatif mengatasi bisul bukan hanya dengan salep hitam untuk benjolan, bukan? Bagaimanapun, memakai cara alami tetap lebih baik karena sangat minim efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *