EM Kapsul Atasi Nyeri Menstruasi, Kenali Kondisi Ini

Nyeri saat haid, atau dikenal dengan sebutan dismenore, merupakan suatu kondisi di mana Anda akan merasakan nyeri atau kram pada saat datang bulan atau haid. Saat datang bulan, otot di rahim berkontraksi dan tenang untuk membantu mengikis lapisan yang menumpuk. Terkadang, Anda akan merasakan adanya kram, yang mana merupakan otot yang bekerja. Beberapa wanita juga akan merasakan mual, muntah, sakit kepala, dan diare. EM kapsul merupakan sebuah obat herbal yang bisa mengatasi rasa nyeri pada saat datang bulan. 

Menurut sebuah review tahun 2014, sekitar 16 hingga 91 persen dari mereka yang mengalami menstruasi mengalami dismenore, dengan 2-29 persen di antaranya mengalami nyeri parah. Haid dapat menyakitkan dan tidak nyaman, namun tidak jarang haid sangat menyakitkan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang.

Kadar dan durasi nyeri yang dirasakan saat haid bervariasi dan dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Obat herbal seperti EM kapsul dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang Anda rasakan pada saat haid. Namun, sesungguhnya mengapa haid bisa sangat menyakitkan?

Nyeri haid merupakan rasa sakit atau nyeri yang terjadi sebelum atau pada saat Anda haid. Pengalaman setiap orang akan rasa nyeri ini bervariasi, namun kondisi ini dapat menyebabkan sensasi kram di perut, nyeri terbakar di perut, rasa nyeri seakan ada udara yang terjebak di dalam perut, dan rasa nyeri yang menjalar ke punggung, panggul, dan kaki.

Bahkan beberapa orang akan mengalami gejala pencernaan yang menemani nyeri haid, seperti mual atau muntah, kembung, diare, dan susah buang air besar atau konstipasi. Gejala lain yang dihubungkan dengan dismenore di antaranya adalah mudah marah dan sakit kepala. Kram dan nyeri haid dapat bervariasi, mulai dari ringan hingga intens. Ada dua jenis nyeri haid, yaitu primer dan sekunder. 

  • Dismenore primer 

Kondisi ini terjadi akibat haid. Hal ini berarti kondisi lain tidak menyebabkan gejala ini. Para peneliti percaya prostaglandins merupakan penyebab dismenore primer. Prostaglandins adalah zat menyerupai hormon yang mengatur peradangan. Pada saat haid berawal, tubuh akan melepaskan prostaglandins. Hal ini akan memicu terjadinya kontraksi di rahim, membuat lapisan rahim terkikis.

Kontraksi akan berada pada saat terkuat pada 2 hari pertama haid. Namun sebelum haid bermula, level progesterone menurun, yang mana dapat meningkatkan prostaglandins sebelum haid berawal. Jumlah prostaglandins yang dilepaskan tubuh berhubungan dengan intensitas kontraksi tersebut, sekaligus tingkat keparahan haid. Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kondisi ini adalah merokok, stres, depresi dan kecemasan, berat badan berlebih, belum pernah hamil, dan riwayat keluarga menderita nyeri haid. 

  • Dismenore sekunder

Dismenore sekunder terjadi akibat kondisi medis lain. Contoh kondisi yang menyebabkan dismenore sekunder adalah endometriosis, yang mana merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan jaringan uterine untuk tumbuh di luar rahim, dengan nyeri haid parah merupakan gejala utama. Adenomyosis juga dapat menyebabkan dismenore sekunder. Adenomyosis terjadi ketika lapisan rahim menembus dinding otot rahim, menyebabkan kram, tekanan, dan kembung sebelum haid. 

Untuk mengatasi nyeri saat haid, Anda bisa menggunakan obat anti-peradangan nonsteroid seperti ibuprofen. Terapi panas juga efektif mengatasi nyeri haid. Anda juga bisa menggunakan obat herbal seperti EM kapsul yang terbukti efektif mengatasi nyeri saat haid. Kunjungi dokter apabila haid menyebabkan rasa nyeri yang sangat parah sehingga mengganggu Anda melakukan aktivitas sehari-hari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *